Info & experience

Translate

Tuesday, July 30, 2019

Android Studio: Mengatasi Error: Manifest merger failed : Attribute application@appComponentFactory value=(android.support.v4.app.CoreComponentFactory) from [com.android.support:support-compat:28.0.0] AndroidManifest.xml:22:18-91 is also present at [androidx.core:core:1.0.0] AndroidManifest.xml:22:18-86 value=(androidx.core.app.CoreComponentFactory). Suggestion: add 'tools:replace="android:appComponentFactory"' to element at AndroidManifest.xml:9:5-24:19 to override.

Project Android Studio Error
Project Android Studio saya kali ini menemukan error yang parah yang disebabkan karna menambahkan library Admob ke dependencies. Project saya kali ini adalah project lama yang masih menggunakan Android Studio dengan Gradle Plugin Version 2.3.0, di dependencies-nya masih menggunakan sistem "compile". Dan saya mencoba upgrade ke Android Studio dengan Gradle Plugin Version 3.3.2 yang sudah merubah sistem "compile" ke sistem "implementation" (Apakah ini hanya sebatas perubahan nama atau ada prubahan fitur-fitur baru, saya belum tau pasti. Versi Gradle Plugin Version yang terbaru saat ini yang masih aktif adalah versi 3.4.1 dan ada beberapa versi 3.4.1 ke atas masih dalam tahap pengembangan.
Saat ini, jika kita menggunakan Gradle Plugin Version 3.4.1, suka terjadi error:
Process unexpectedly exit.

Baca juga:

Pesan error yang saya temukan adalah: 
 Manifest merger failed : Attribute application@appComponentFactory value=(android.support.v4.app.CoreComponentFactory) from [com.android.support:support-compat:28.0.0] AndroidManifest.xml:22:18-91
    is also present at [androidx.core:core:1.0.0] AndroidManifest.xml:22:18-86 value=(androidx.core.app.CoreComponentFactory).
    Suggestion: add 'tools:replace="android:appComponentFactory"' to <application> element at AndroidManifest.xml:9:5-24:19 to override.

Dalam pesan error tersebut, kita diberikan solusi dengan cara menambahkan text "tools:replace="android:appComponentFactory" di bagian "AndroidManifest.xml". Memang setelah di run dengan meng-klik "Make Project", errornya menjadi hilang. Tetapi ketika dijalankan di Di Devices yang real, akan menemukan error yang baru dengan pesan error:
Manifest merger failed with multiple errors, see logs

Solusi yang saya lakukan:
Pada bagian dependencies, hilangkan "implementation 'com.google.android.gms:play-services-ads:18.1.1'. Jika ingin tetap menggunakannya, maka cobalah untuk migrasi ke androidX dan ikuti prosedur pemasangan iklan admob yang benar.

No comments:

Post a Comment