Info & experience

Translate

Monday, June 3, 2019

Android Studio 3.4.1 : Cara Mengatasi Error "Process Unexpectedly Exit."

Error "Process unexpectedly exit"
Android Studio adalah sebuah Tools untuk mengembangkan aplikasi Android.
Dalam mengembangkan aplikasi Android, menemukan Project ERROR itu adalah hal yang biasa. Karna pembuatan aplikasi yang komplek, yang lengkap dengan feature-nya pasti selalu menemukan ERROR project dalam proses pembuatannya.

Kali ini saya menemukan sebuah error dengan detail: "Process unexpectedly exit.".

Baca juga:

Kronologinya:
Error tersebut terjadi ketika saya meng-upgrade versi Android Studio saya ke versi Android Studio 3.4.1
Sebelumnya saya menggunakan versi Android Studio 3.3.2, tidak ada masalah. Karna alasan versi terbaru sehingga saya tertarik meng-upgradenya ke versi Android Studio 3.4.1.
  
Untuk mengatasi error ini:
Masih dalam project, masuklah ke menu "Build" lalu pilih sub-menu "Edit Libraries and Dependencies".
Selanjutnya klik menu "Project" dan pada bagian "Android Gradle Plugin Version" yang berisikan 3.4.1, gantilah angka tersebut dengan versi Gradle yang lama seperti 3.3.2 atau 3.3.0 atau versi Gradle yang lain (yang versi lama ya). Dalam proses ini harus dalam keadaan terhubung internet dan pastikan koneksi internetnya bagus. Untuk bagian kotak "Gradle Version" dibiarkan saja. Jika sudah diganti lalu klik "apply" dan "ok". Dalam prosenya biasanya cepat (sekitar 2 menit), jika agak lama silahkan cek koneksi internet anda.

atau

Selain mengatasi error ini dari menu "build" diatas. Masih dalam project, anda bisa membuka "build.gradle (Project: my aplication)". Bukan build.gradle (Module: app) ya!
Setelah terbuka, pada bagian "classpath "com.android.tools.build:gradle:3.4.1"" gantilah angka 3.4.1 menjadi versi gradle yang lain. Misalnya: mengganti ke versi gradle 3.3.2 maka akan tertulis menjadi "classpath "com.android.tools.build:gradle:3.3.2"" (tanpa tanda petik dua).
Jika sudah diganti, selanjutnya silahkan klik "Sync now" yang berada pada pojok kanan atas Android Studio.

Asumsi pribadi:
Error ini terjadi, kemungkinan karna versi 3.4.1 belum disempurnakan seperti versi sebelumnya atau mungkin sengaja dibuat belum lengkap untuk persiapan versi Android SDK Q yang masih preview.

No comments:

Post a Comment