Info & experience

Translate

Saturday, December 8, 2018

Upgrade Prosesor Laptop Toshiba Satellite C800 dari Intel Pentium 2020m, Bisakah?

Satellite C800 Intel Pentium 2020m
Sebagian besar dari pengguna komputer dapat meng-Upgrade ataupun men-Downgrade Prosesor komputer mereka, karna prangkat komputer bisa di bongkar pasang walaupun sebagian komputer ada yang di desain Onboard (prosesor yang menyatu dengan motherboardnya). Tentu dalam meng-Upgrade Prosesor komputer banyak hal yang harus diperhitungkan, mulai dari model chipset, model slot prosesor, jenis prosesor yang compatible, dan lain-lain. 
Bagaimana dengan pengguna Laptop? Bisakah Prosesor Laptop di Upgrade? Jawaban Ya tentu Bisa, dengan syarat Prosesor Laptop tersebut bisa di bongkar pasang dan beberapa syarat tambahan.

Misalnya kita mau Upgrade Prosesor Intel Pentium 2020m. Ada beberapa hal yang harus di perhitungkan, antara lain:

1.  Cari Prosesor Yang Compatible dengan Intel Pentium 2020m.
Untuk mencari prosesor yang compatible dengan intel pentium 2020m, kita bisa searcing di google dengan kata kunci "Upgrade Pentium 2020m" dan biasanya di situs "www.cpu-upgrade.com" akan memaparkan banyak seri intel yang sepadan dengan intel pentium 2020m. Compatible berarti, bentuknya sama, letak dan model kaki-kaki nya sama, hanya bedanya di kapasitasnya dan kecepatannya berbeda, ada yang lebih lambat dari pentium 2020m ada juga yang lebih cepat dari pentium 2020m. Untuk meng-upgrade tentu kita akan memilih yang lebih cepat dari pentium 2020m.

Baca juga:

2.  Cek Jenis Chipset Laptop Yang Mau di Upgrade Prosesornya
Untuk mengecek jenis chipset laptop yang akan di upgrade, gunakan software "CPU-Z". telah tersedia di google, tinggal di searcing dan di download dan kemudian di install. Pada menu CPU-Z bagian "Mainboard" akan terdeteksi jenis chipset yang di gunakan (misalnya Chipset Intel Ivy Bridge HM70).

3. Cek Chipset: Prosesor Intel Seri berapa yang Compatible dengannya.
Setelah diketahui jenis Chipset yang digunakan, misalnya: diketahui Chipset yang digunakan adalah Intel Ivy Bridge HM70. Maka selanjutnya menentukan prosesor seri berapa yang cocok dengan chipset intel Ivy Bridge HM70. Caranya: kita searching di google dengan kata kunci "Upgrade HM70" dan biasanya di disitus "www.cpu-upgrade.com" akan memaparkan semua seri Prosesor Intel yang Compatible dengan Chipset HM70. Pilihlah Prosessor yang sudah di rekomendasikan, bisanya akan tercentang warna Hijau. Lihat juga review-review nya disana.

4. Cari dan Beli Prosessor Pengganti
Untuk mencari prosessor pengganti, kita bisa mencari dan membeli di toko-toko online terpercaya seperti tokopedia dan bukalapak. Bisa juga membeli dari toko online luar negeri seperti Aliexpress, Amazon, Ebuy, dan lain-lain.

5. Lakukan Pemasangan dan Cek Hasilnya
Jika semua sudah disiapkan, tinggal di pasang dan di cek hasilnya. Gunakan Pasta Prosessor yang berkualitas Seperti MasterGel Pro, atau Noktua atau Arctic Silver 5 agar prosesor bekerja lebih lancar dan tahan lama.

* Pengalaman
Saya memiliki Cipset HM70 dengan prosesor Pentium 2020m, saya coba upgrade ke Prosesor Core i5-3320m, hasilnya bisa berjalan dengan lancar tapi hanya bertahan 30 - 50 menit, dan selanjutnya laptop mendadak mati tanpa di shutdown dan tanpa ada proses loading shutdown. Saya coba berkali-kali hasilnya tetap laptop suka mendadak mati.
Setelah saya searching di google, ternyata pihak intel membatasi seri prosesor intel yang bisa dipasang pada Chipset Ivy Bridge HM70. Walaupun pada kenyataanyan bahwa bentuk pentium 2020m dengan core i5-3320m sama. Oleh Karna itu, saran saya: Lihat ke Poin 3 pada ulasan artikel blog saya ini. dan Core i5-3320m Compatible dengan Chipset Ivy Bridge HM76.

1 comment:

  1. Ini toshiba c800 ya kak?
    Soalnya cpu processor saya rusak dan mau diganti ,tapi tidak tau yg cocok untuk di upgrade

    ReplyDelete